Rumah di Kebayoran Baru – Arsitek Ir. Adi Purnomo (Mamo Studio)

Archieplus! (Ir. Stefanus Widyamurdani dan tim) kembali mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan pembangunan rumah tinggal karya arsitek Ir. Adi Purnomo (Mamo Studio). Rumah tinggal yang berlokasi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini tampil dengan struktur bangunan dan strutur atap yang mirip dengan rumah tinggal di Cilandak, namun secara keseluruhan rumah ini tampil lebih ‘bersih’ dan minimalis.

Di lantai dasar, kita akan diterima di suatu ruang serbaguna, yang juga berfungsi sebagai kamar tidur cadangan, lengkap dengan kamar mandi dan wc bagi tamu. Alur ruangan kemudian berlanjut ke level setengah lantai berikutnya, di mana kita akan menjumpai kolam renang dan dapur yang terletak di area terbuka. Walaupun berada di tempat terbuka, namun bebas dari hujan dan panas, karena dinaungi oleh dak atap tipis sepanjang 6 meter. Dari level ini, terdapat tangga yang mengarahkan kita ke level lantai atas, yang sepenuhnya digunakan sebagai kamar utama rumah ini. Kamar ini dikelilingi oleh kaca bening. Bahkan kamar mandi utamanya juga dikelilingi kaca bening. Privacy didapatĀ  dengan memanfaatkan keberadaan pohon-pohon yang berukuran cukup besar di halaman rumah. Sungguh suatu langkah yang cukup berani dari pemilik rumah ini.

Sebagian besar lantai rumah menggunakan finishing semen aci. Hanya kamar tidur utama saja yang finishing lantainya menggunakan terasso berwarna putih. Terasso putih ini, dipadu dengan kaca bening dan lemari built in berwarna putih, sungguh memperkuat kesan modern minimalis dari rumah ini. Kolam renang rumah ini menggunakan finishing mozzaic dari Homen, yang dibuat sesuai pesanan (custom) dengan warna pilihan dari arsitek dan pemilik rumah.

Semula bagian atap rumah ini juga akan dimanfaatkan sebagai roof garden. Namun dengan pertimbangan perawatan dan biaya, atap rumah dari beton ini hanya diberi finishing aspal bakar, yang berfungsi sebagai waerproofing juga.



Leave a Reply